Thursday, May 7, 2015

Foto Paling Menyentuh Abad Ini

Foto berikut ini diambil sekitar 8 tahun yang lalu di Vietnam bagian utara.

Fotografer aslinya adalah Na Son Nguyen. Mengutip dari penuturannya kepada BBC, "I took this picture in October 2007 in Can Ty, a remote village in Ha Giang province".

"I was passing through the village but was stopped by the scene of two Hmong children playing in front of their house while their parents were away working in the field."

"The little girl, probably two years old, cried in the presence of a stranger so the boy, who was maybe three years old or so, hugged his sister to comfort her."

"It was both moving and cute, so I quickly made a shot."

Na Son mem-publish fotonya di blog pribadi. Ternyata tiga tahun kemudian ia menemukan bahwa itu sudah di-share oleh banyak orang di Facebook sebagai foto "yatim piatu terlantar".

Foto ini mungkin karyanya yang paling "viral", karena sudah di-share netizen sedunia dalam berbagai tema, mulai dari "dua bocah yatim piatu Burma", "anak-anak korban perang Syria", hingga yang terbaru, "bocah umur dua tahun dilindungi oleh kakaknya yang berusia empat tahun di Nepal". Mungkin foto ini bisa dipakai sebagai lambang krisis kemanusiaan hingga puluhan tahun ke depan dengan banyak judul baru.

No comments:

Post a Comment