Tuesday, April 21, 2015

Google Menata Ulang Urutan Hasil Pencarian Lewat Mobilegeddon

Jadi hari ini, 21 April, bukan saja Hari Kartini bagi orang Indonesia. Hari ini juga disebut sebagai MOBILEGEDDON bagi para webmaster seluruh dunia.

Google adalah mesin pencari dunia maya paling besar dan paling kuat. Pencarian data di internet jadi begitu mudah sejak Google beroperasi. Jika kita mengetikkan beberapa kata kunci, maka akan muncul alamat-alamat website yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Urutannya biasanya berdasarkan yang paling cocok dengan kata kunci. Yang paling relevan akan muncul paling atas.

Namun hari ini, mereka meluncurkan 'sedikit' perubahan pada algoritma pencarian. Mereka menambahkan kriteria 'mobile friendliness' agar sebuah website bisa muncul di top ranking hasil pencarian di Google. Website yang belum mobile-friendly, siap-siap turun peringkat.

Sekarang makin banyak orang membuka website internet lewat browser di smartphone yang layarnya lebih kecil daripada layar monitor komputer. Bahkan tak lama lagi mayoritas orang akan melakukan pencarian informasi di internet menggunakan smartphone dibanding komputer meja. Google ingin memanjakan pengguna mobile, makanya mereka adakan mobilegeddon. Ini akan memaksa para webmaster, alias pembuat website internet, untuk menyesuaikan tampilan website-nya agar enak dilihat di layar smartphone yang kecil itu.

Ini adalah contoh website yang tidak mobile-friendly (hasil tes hari ini):

http://www.davidbeckham.com

Website diatas masih menampilkan teks yang terlalu kecil hingga susah dibaca di layar smartphone. Selain itu, website tersebut juga menampilkan tombol dan link yang jaraknya terlalu rapat satu sama lain sehingga akan menyulitkan pengguna smartphone layar sentuh untuk mengetuk atau mengklik tombol atau link yang ada.

Bagi yang ini mengecek apakah website-nya sudah mobile-friendly atau belum, google menyediakan analyzer di alamat ini, silakan mencoba:

https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

No comments:

Post a Comment