Wednesday, July 23, 2014

Banyak Masjid dan Musholla, Sholat di Singapura Jadi Lebih Mudah

Mengapa bisa ada artikel khusus soal 'sholat di Singapura'? Karena, bisa menemukan tempat sholat di Singapura seperti kenikmatan yang tak terkira. Selama beberapa hari bertugas disana, saya sempat mengunjungi beberapa tempat sholat yang bisa di-share: 

1. Masjid Al-Kaff Upper Serangoon
Posisinya di ujung jalan Pheng Geck Avenue. Keluar dari stasiun MRT Potong Pasir, susuri jalan kearah kanan, lurus lalu belok kanan lagi, jika bertemu perempatan kecil maka belok kiri. Nanti akan kita temui di kanan jalan, sebuah masjid yang baru saja direnovasi. Disini saya sempat sholat Jum'at di tengah masa rehat meeting di kantor. Lokasi masjid ini sebenarnya adalah kawasan perumahan. Tapi di sekitarnya, terutama di pinggir jalan besar seputar stasiun MRT, sedang dibangun beberapa blok mall dan hotel. Imbasnya, masjid ini sangat penuh saat sholat Jumat, terutama oleh pekerja bangunan yang banyak berasal dari Asia Selatan. Di bulan Ramadhan ini, selesai sholat Jumat ada pembagian bubur yang sudah dikemas dalam mangkok plastik, mungkin maksudnya untuk dimakan masing-masing saat berbuka.

2. Masjid Al-Falah Somerset
Posisinya di jalan Bideford Road, ancar-ancarnya dari Orchard Road adalah mall Paragon, lalu susuri jalan disamping Grand Park Orchard menuju area belakang. Masjidnya 2 lantai, lantai mezzanine diatas untuk jamaah perempuan. Dari hotel tempat menginap saya harus melewati jembatan penyebrangan menuju Far East Plaza, lalu jalan mengitari Scotts Square dan Marriott Hotel, melewati Tang Plaza, Lucky Plaza dan Paragon lalu belok kiri untuk mencapai masjid ini. Tapi inilah masjid favorit pelancong muslim yang sedang berada di sekitar kawasan Orchard Road. Saya sempat ikut sholat tarawih disini. Bacaan imamnya bagus dan jumlahnya 23 rakaat. Semua kipas angin menyala dengan kencang, maka saya tak bisa bayangkan betapa gerah andai tak ada kipas angin.

3. Masjid Darul Aman Eunos
Lokasinya di Eunos Road, tidak jauh dari stasiun MRT Eunos. Saya kebetulan akan menjemput istri di bandara sepulang dari meeting. Jadi dari Jalan Kolam Ayer saya naik bis nomor 966, lalu 3 halte kemudian saya turun, jalan kaki melewati Vihara Buddha, perempatan dan lapangan rumput, dan sampailah di masjid yang arsitekturnya cukup bagus  ini. Seperti biasa, di sore hari bulan Ramadhan, banyak orang datang ke masjid untuk berbuka bersama. Duduk berjejer sambil menunggu hidangan buka puasa disajikan. Karena harus bergegas ke Changi, saya hanya sempat sholat Ashar, lalu langsung berangkat lagi ke stasiun MRT Eunos yang hanya beberapa ratus meter saja jaraknya.

4. Masjid Sultan Kampong Glam
Lokasinya diantara North Bridge Road, Muscat Street, Arab Street dan Kandahar Street, di kawasan wisata tak jauh dari Bugis Junction. Menjelang waktu berbuka puasa banyak penjual makanan menggelar lapaknya dan diserbu oleh banyak pengunjung, baik wisatawan maupun warga Singapura yang mencari makanan seperti Nasi Briyani, kebab, otak-otak, dan sebagainya. Masjidnya cukup megah berarsitektur kontemporer, lantai atas dipakai oleh jamaah wanita. Sholat tarawih 23 rakaat dan bacaan imamnya juga bagus. Kipas angin sekelas baling-baling helikopter tergantung di langit-langit. Banyak jamaah yang menghadiri qiyamullail dan bersahur di masjid ini.

5. Beberapa Musholla
-Musholla di Siemens Center Macpherson Road. Posisinya di dalam gedung depan, lantai 1, di dekat janitor, namun harus melewati beberapa meeting room, hanya muat untuk 3-4 orang tanpa sekat pemisah jamaah perempuan.
-Musholla di Royal Plaza On Scotts Hotel. Masuk ke lobby hotel, ketemu meja resepsionis belok kanan, ikuti tangga. Sudah ada sekat pemisah jamaah perempuan.
-Musholla Changi Airport, Departure Terminal 3. Setelah lewati imigrasi, lihat petunjuk arah prayer room. Belok kiri, lewati toilet, belok kiri lagi (lokasinya cukup tersembunyi). Tempat sholat dan wudhu jamaah laki-laki dan perempuan sudah terpisah.

No comments:

Post a Comment