Thursday, January 8, 2015

Iklan Rokok, Iklan Paling Kreatif

Maaf jika anda tak sependapat. Menurut saya, iklan produk rokok, khususnya di Indonesia, memang luar biasa kreatif. Mereka sangat dibatasi dalam beriklan. Tak boleh menampilkan gambar produknya, dan harus menambahkan gambar seram akibat dari merokok bagi kesehatan.

Dengan aturan yang ketat ini, tak heran jika agensi periklanan untung besar, karena mereka harus berpikir keras out-of-the-box untuk menghasilkan iklan yang tetap menarik di tengah jepitan peraturan. Hasilnya adalah iklan-iklan legendaris seperti "how low can you go", "susah jadi manusia". Yang dijual kebanyakan adalah gaya hidup, dan orang masih mengenali itu sebagai iklan rokok.

Namun kreatifitas tidak bebas nilai jika dipampang di depan publik. Dia harus tunduk pada tuntunan moral masyarakat. Masa sih ada gambar orang ciuman di tengah kosmopolitan masyarakat muslim? Ini semakin meyakinkan bahwa muslim di Indonesia mayoritas adalah "abangan", lebih cenderung ke sekuler. Iklan "mula-mula malu-malu lama-lama mau" adalah eksperimen "test the water" yang kesekian kalinya. Ini sekedar bukti penampakannya.

No comments:

Post a Comment